Jumat, 18 April 2014

5 PENJAGA GAWANG TERBAIK SATU DEKADE TERAKHIR

Penjaga gawang atau yang biasa kita sebut dengan nama kiper merupakan pemain kunci di baris akhir lini pertahanan tim. Penjaga gawang memiliki tugas yang spesial untuk mengawal gawangnya agar tidak di bobol oleh pemain lawan. Dalam sejarah sepakbola banyak nama legenda penjaga gawang diantarnya Lev Yashin, Oliver Khan, dan masih banyak lagi. Berikut adalah penjaga gawang terbaik di era milenium baru hingga saat ini menurut sikutubola :

1. Iker Casillas
Iker Casillas Fernández (lahir di Móstoles, Madrid, Spanyol, 20 Mei 1981; umur 33 tahun) adalah seorang pemain sepak bola yang berposisi sebagai penjaga gawang asal Spanyol. Dia adalah kiper pilihan utama Real Madrid dan timnas Spanyol. Ia juga menjabat sebagai kapten tim Real Madrid dan timnas Spanyol. Casillas memulai kariernya di klub sepak bola kota kelahirannya, dan bergabung pada usia 8 tahun . Ia juga bagian dari timnas remaja Spanyol dan memenangkan kejuaraan UEFA-CAF Meridian Cup and Kejuaraan Dunia Remaja FIFA pada tahun 1999. Pria setinggi 182 cm ini datang di Real Madrid pada La Liga musim 1999/2000. Dia menyatakan bahwa ia akan pensiun suatu saat sebagai pemain Real Madrid dan akan terlibat langsung dalam pengelolaan Real Madrid. Ia adalah kiper yang meraih penghargaan sarung tangan emas pada Piala Dunia 2010 lalu. Ia berperan besar untuk Timnas Spanyol karena berhasil membantu Spanyol meraih gelar Euro 2008, 2012 dan Piala Dunia 2010.


2. Manuel Neuer
Kiper punggawa Timnas Jerman ini mencuat namanya ketika berhasil membawa Schalke04 lolos ke semifinal liga champions. Namanya menjadi buah bibir di seluruh Eropa walaupun gagal membawa Schalke lolos ke final usai dikalahkan Manchester United tetapi ia berhasil mendapat banyak pujian karena kinerjanya yang luar biasa. Neuer kini berseragam tim raksasa bundesliga Bayern Munchen dan berhasil menjadi pilihan utama Bayern dan juga Timnas Jerman. Prestasi Neuer bersama Bayern sangat mengesankan, diantaranya dia berhasil membawa Bayern menjuarai bundesliga, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. 


3. Gianluigi Buffon
Buffon merupakan kiper legendaris dari tim Juventus dan juga Timnas Italia. Posisinya tak tergantikan selama 10 tahun terakhir dibawah mistar gawang. Buffon berhasil membawa Si Nyonya Tua meraih gelar Scudetto dan juga berhasil membawa Italia meraih trofi Piala Dunia ke empatnya pada tahun 2006 di Jerman. Oleh karena itulah Buffon layak menjadi salah satu kiper terbaik di Dunia saat ini.


4. Petr Cech
Kiper terbaik Republik Ceko ini merupakan salah satu kiper terbaik liga primer Inggris bahkan salah satu yang terbaik di Dunia. Walaupun ia pernah mengalami cedera parah, namun itu tak menghalanginya untuk menjadi kiper terbaik di Dunia. Kiper yang mempunyai ciri khas ketika bermain menggunakan helm ini telah memiliki banyak prestasi bersama klubnya saat ini Chelsea, diantaranya membantu The Blues meraih gelar Liga Primer Inggris, Liga Champions dan juga Europa League.


5. Thibaut Courtois
Kiper muda yang satu ini merupakan salah satu pemain dari tim liga primer yaitu Chelsea, namun ia belum pernah bermain bersama Chelsea tetapi ia bermain membela tim Atletico Madrid di LaLiga Spanyol. Courtois berhasil membawa Atletico Madrid menjuarai Europa League, Piala Super Eropa dan juga Copa Del Rey usai menaklukan rival sekota Real Madrid. Courtois pun berhasil masuk skuad Timnas Belgia bersaing bersama seniornya Simon Mignolet dari Liverpool.
Itulah beberapa nama yang layak dikedepankan untuk menjadi penjaga gawang terbaik di Dunia dalam 1 dekade terakhir. Prestasi bersama klub dan juga Tim Nasional layak menjadikan mereka sebagai penjaga gawang terbaik menurut sikutubola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar